Aplikasi Baja Ringan Pada Setiap Bangunan di Bogor

Posted on

Aplikasi Baja Ringan Pada Setiap Bangunan

Perubahan zaman tak hanya mempengaruhi bagian teknologi saja. Pasalnya, kini setiap sendi kehidupan juga telah mengalami perubahan pada penggunaan material modern.

Salah satunya untuk bahan bangunan di mana kini telah terjadi peralihan material ke atap baja ringan. Material ini sendiri merupakan material kekinian yang ramah lingkungan serta memberikan beribu keuntungan.

Baja ringan sebagai material memang tak perlu lagi diragukan bagaimana kualitasnya. Material ini cocok untuk setiap bangunan. Sehingga memberikan aplikasi yang menyeluruh tak hanya terbatas pada satu item saja.

Aplikasi Penggunaan Baja Ringan

Ada beberapa aplikasi penggunaan atap baja ringan Bogor secara umum. Material ini cocok digunakan untuk keperluan industri atau pun keperluan pribadi. Berikut aplikasi penggunaan baja ringan yang menguntungkan.

  1. Gedung Komersial

Aplikasi pertama penggunaan baja ringan adalah pada gedung-gedung komersial. Pasalnya, material ini memiliki sifat unggul terhadap cuaca ekstrim layaknya air, hujan, atau pun angin.

Terlebih di wilayah Indonesia yang rawan terjadi bencana. Maka tak heran jika kemudian banyak gedung komersil menggunakan baja ringan sebagai material atapnya.

Penggunaannya juga tak hanya di wilayah tropis saja, karena ketahanan materialnya membuat orang akan merasa tenang ketika memasang baja ringan. Jenis gedung yang bisa dipasang juga beragam mulai dari rumah sakit, universitas, gereja, hingga gedung-gedung pemerintahan.

Salah satu yang paling menonjol adalah pada gedung perumahan. Kini, semua orang sudah mulai menyadari manfaat penggunaan baja ringan. Pasalnya, material ini ramah kantong dari segi instalasi dan perawatannya. Sehingga tak akan mengeluarkan biaya tambahan meskipun digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Arsitektur

Penggunaan baja ringan yang selanjutnya adalah dapat digunakan dalam bidang arsitektur. Bagaimana tidak, baja ringan memiliki material yang elastis dan mudah dibentuk dengan berbagai ukuran. Sehingga sangat cocok bagi pembangunan gedung yang membutuhkan tingkat kerumitan dan desain yang kompleks.

  1. Pertanian

Baja ringan juga bisa dibuat untuk keperluan pertanian. Bagaimana tidak, material ini dapat digunakan untuk pembuatan lumbung pertanian. Pasalnya, pembuatan lumbung lebih menekankan pada penggunaan lipatan-lipatan yang saling tumpang tindih. Sehingga baja ringan menjadi material paling cocok digunakan.

Aplikasi atap baja ringan memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, beragam jenis bangunan kini bisa dibuat menggunakan baja ringan. Sifatnya yang lentur dan kokoh membuat banyak orang menaruh harapan pada material ini untuk datangkan keuntungan yang lebih tinggi.