Negara yang Memiliki Sistem Pengelolaan Sampah Yang Unik

Posted on

Saat ini isu sampah yang tidak dibuang ke dalam tong sampah stainless di dunia memang sedang banyak dibicarakan.

Hal ini menyambung karena isu lingkungan, isu kesehatan dunia, isu perubahan iklim dan isu pemanasan global yang terus menyeruak.

Maka dari itu, banyak negara yang terus melakukan cara entah itu melalui teknologi, melalui kerja sama internasional, bisnis, dan lain sebagainya untuk bisa mengelola sampah yang ada di negaranya tersebut.

Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki sistem pengelolaan sampah yang unik :

  1. Ethiopia

Perlu kamu tau bahwa Ethiopia meskipun tergolong ke dalam negara berkembang, ia memiliki sebuah teknologi PLTU ( pembangkit listrik tenaga uap ) yang berbahan bakar dari sampah.

Dan ternyata teknologi ini juga bisa menciptakan air yang bersih. Dalam seharinya sebanyak 1400 ton sampah dibakar melalui PLTU ini. Hasilnya adalah terdapat listrik untuk menghidupi hampir 25% masyarakat Ethiopia.

  1. Norwegia

Di negara Norwegia ini hampir kebanyakan untuk proses pengelolaan sampah dan limbahnya diberikan kepada masyarakat.

Nah sebagai imbalannya pemerintah akan memberikan upah kepada masyarakat. Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan ruang bagi industri atau perusahaan untuk mengelola sampahnya.

Nah bagi perusahaan yang banyak menghasilkan sampah plastik pasti akan diberikan pajak yang tinggi di negara ini.

  1. Australia

Buat masyarakat yang menginginkan tiket nonton gratis atau ingin tiket transportasi gratis caranya gampang, mereka hanya tinggal menyetorkan botol plastik bekas atau sampah plastik lainnya ke mesin yang sudah disediakan. Semakin banyak sampah yang disetorkan maka akan semakin banyak juga bonus yang bisa didapat.

  1. Brazil

Negara selanjutnya yang juga sangat menseriusi untuk bisa mengelola sampah di negaranya adalah negara Brazil. Negara ini membuat program dimana anak sejak dini sudah diedukasikan mengenai sampah dan harus menjaga kebersihan lingkungannya.

Hasilnya juga memang sangat mengejutkan dan berhasil. Hampir rata – rata anak di sana sudah sangat disiplin dan mengerti mengenai bagaimana cara untuk menjaga lingkungan.

Itulah keempat negara yang memang sudah memiliki sistem pengelolaan sampah sendiri yang mana memang nyatanya berhasil mengatasi permasalahan sampah di negaranya. Ayo, kita juga harus lebih baik lagi kedepannya dan mulai peduli untuk menjaga lingkungan.