Beberapa Cara Mengatasi Insomnia

Posted on

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan dalam tidur yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesusahan untuk tidur. Gangguan insomnia bisa mempengaruhi kondisi seseorang yang mengalaminya. Dimana seorang penderita akan merasakan kondisi tubuh yang tidak prima, sehingga dapat mengganggu aktifitas harian mereka.

Kualitas serta kuantitas istirahat cukup memang memiliki dampak dan pengaruh yang besar untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab kurangnya waktu istirahat dapat menimbulkan beberapa gangguan pada fisik, bahkan mental seorang yang mengalaminya. Umumnya setiap orang akan membutuhkan kualitas tidur selama 8 jam lamanya.

Gejala insomnia sendiri sebenarnya merupakan gejala yang umum dialami setiap manusia. Khususnya untuk para pekerja. Namun ada beberapa solusi yang tepat dan bisa digunakan untuk mengatasi insomnia. Berikut informasinya!

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia

  1. Relaksasi Sebelum Tidur

Aktifitas tidur memang harus dibarengi dengan kondisi yang santai dan rileks. Sebab sebuah keadaan stress dan tertekan juga bisa menjadi salah satu penyebab gejala insomnia. Dimana Anda hanya perlu menyempatkan diri untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Bisa dengan mendengarkan musik, membaca buku, sedikit peregangan, atau bahkan bermeditasi.

  1. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga memang merupakan salah satu aktifitas yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Bahkan melakukan aktifitas olahraga yang rutin tidak hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh saja. Tapi juga dapat meningkatkan kualitas serta durasi istirahat yang cukup. Namun olahraga tidak dianjurkan pada saat sebelum tidur.

  1. Memperbaiki Kondisi Kamar Tidur

Sebuah kondisi kamar tidur juga menjadi salah satu penyebab seorang penderita mengalami gejala susah tidur atau insomnia. Sebab tempat peristirahatan memerlukan kondisi yang nyaman, sunyi, sejuk, dan menenangkan. Setidaknya buatlah kamar menjadi salah satu tempat yang utama dalam sebuah rumah. Tidak perlu didesain dan ditata sedemikian rupa, namun cukup mencakup suasana yang nyaman.

  1. Hindari Konsumsi Kafein Sebelum Tidur

Makanan dan minuman juga merupakan salah satu penyebab dimana Anda akan mengalami gejala susah tidur atau insomnia. Salah satunya adalah kafein, yang dapat membuat setiap orang terjaga setelah meminumnya. Karena kandungan kafein itu sendiri yang dapat membuat seseorang kehilangan akan rasa kantuk secara tiba-tiba.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi insomnia selain minum madu deep sleep. Cara-cara tersebut bisa diterapkan dalam diri Anda untuk mencegah terjadinya rasa kesusahan saat tidur atau gejala insomnia.